Faktor Resiko Cidera Saat Bermain Golf

Apakah kamu tahu bermain golf bisa menyebabkan cidera? Bagi para pemula harus lebih hati-hati saat akan mencoba bermain golf. Kamu tidak harus menjadi pemain golf profesional untuk merasakan cedera, sebab bermain golf itu butuh tenaga, keterampilan, dan ketekunan ekstra.

Golf adalah olahraga yang memiliki faktor risiko rendah untuk menyebabkan cedera. Tetapi hal ini sangat bergantung pada seberapa banyak latihan intensitas serta teknik pada saat melakukan olahraga golf ini.

Jenis cedera pada olahraga golf ini umumnya merupakan jenis cedera overuse atau cedera penggunaan berlebih. Selain itu, olahraga golf juga dapat menyebabkan terjadinya cedera akut dan cedera traumatik. Sekitar 82% dari cedera yang terjadi pada olahraga golf ini diakibatkan oleh cedera karena overuse. Pada suatu survei disebutkan, terlalu banyak bermain atau berlatih golf merupakan mekanisme cedera yang paling sering ditemukan baik pada atlet profesional maupun tidak.

Cedera bisa terjadi karena mekaninsme penggunaan teknik saat bermain tidak tepat, bisa pada saat anda mengayuh stik golf. Disebutkan bahwa pemain golf yang memukul 200 bola per minggu atau latihan 4 jam per hari, akan meningkatkan risiko cedera secara signifikan pada beberapa jaringan tubuh.

Namun, berat atau ringannya cedera pada olahraga golf seringkali diremehkan oleh para pegolf. Padahal rata-rata waktu yang dibutuhkan oleh para pegolf untuk memulihkan cederanya sekitar 28 hari per cedera, dimana cedera pada bagian tubuh tulang belakang, elbow serta wrist injury, tercatat paling lama untuk sembuh, bahkan bisa sampai 1 tahun.

Pada umumnya faktor resiko cedera pada olahraga golf adalah jumlah atau durasi bermain atau berlatih memukul bola. Selain itu faktor risiko lain adalah kurangnya peregangan dan pemanasan. Selain itu faktor risiko lain adalah kurangnya peregangan dan pemanasan. Selain itu juga membawa tas golf yang berat dapat meningkatkan risiko cedera. Meski demikian, ada sekitar 60% atlet profesional dan juga 40% atlet amatir yang tidak dapat berolahraga golf lagi karena mengalami cedera.

Sumber : daya.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan Birdie Team?
Hello 😃
Selamat Datang di website https://birdie.id/2023/01/27/faktor-resiko-cidera-saat-bermain-golf
Jika kamu membutuhkan penawaran corporate atau bantuan lainnya, Silahkan chat kami ya..