Nilai Dalam Olahraga dan Kinerja Dalam Bermain Golf

Bermain Golf merupakan salah satu olahraga yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang yang disebut hole pada daerah yang telah ditentukan menggunakan stick golf sebagai pemukulnya. Seorang pemain golf harus mampu mengendalikan pikiran dan fisiknya sehingga mendapatkan pukulan yang diharapkan. Dalam olahraga golf, integritas adalah modal yang harus dimiliki seorang pemain golf, dimana terdapat kondisi bola jatuh dan “tersembunyi” atau juga dalam posisi sulit untuk dipukul selanjutnya.

Seorang pegolf harus mampu menaklukkan semua tantangan tersebut mulai dari tee shoot hingga memasukkan bola ke hole di green. Maka dari itu, seorang pegolf harus mampu fokus dan melakukan perencanaan dengan matang sebelum melakukan tee shoot dengan memperhatikan tantangan yang ada, misalnya dengan menetapkan target jumlah pukulan dalam setiap hole, posisi berdiri saat tee shoot dan posisi clap stick karena hal tersebut akan mempengaruhi arah bola.

Permainan golf ini seperti mengajarkan kita untuk meraih kesuksesan bersama. Hal tersebut dapat dilihat saat semua bola sudah memasuki area green, pegolf yang bolanya lebih jauh dari hole diberikan kesempatan untuk memukul terlebih dahulu dan pegolf yang bolanya lebih dekat dengan hole akan menunggu.

Tantangan dalam olahraga golf tidak hanya berasal dari internal, seperti kondisi fisik dan kondisi psikis pegolf, tetapi juga dari eksternal seperti karakterisktik setiap hole dan faktor cuaca terutama pada arah angin. Nlai-nilai penting dari olahraga golf yang dapat dijadikan acuan dalam pengelolaan kinerja, yaitu sebagai berikut :

  1. Perencanaan yang Matang dan Fokus Pada Tujuan

Dalam pengelolaan kinerja, perencanaan merupakan hal paling krusial dan menentukan atas keberhasilan pencapaian tujuan.

  1. Terus Belajar

Pencapaian target kinerja tidak semuanya berjalan mulus sesuai dengan yang kita rencanakan, tentunya ada kondisi di luar prediksi kita yang sangat signifikan menghambat pencapaian target.

  1. Integritas

Integritas sudah menjadi harga mati yang harus dimiliki oleh seorang ASN Kementerian Keuangan.

  1. Sukses Bersama

Pemilik peta strategi yang ulung akan mengerahkan sumber daya secara maksimal untuk pencapaian target kinerja.

Sumber : Kemenkeu.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan Birdie Team?
Hello 😃
Selamat Datang di website https://birdie.id/2023/01/25/nilai-dalam-olahraga-dan-kinerja-dalam-bermain-golf
Jika kamu membutuhkan penawaran corporate atau bantuan lainnya, Silahkan chat kami ya..