Berikut Peraturan dan Cara Pergantian Pemain Dalam Pertandingan Bola Voli

Sumber foto : youtube.com/tujh91

Di Indonesia, bola voli merupakan olahraga yang banyak dimainkan oleh masyarakat dari segala usia. Olahraga ini sangat populer di Indonesia. Indonesia terbukti berhasil menyumbangkan timnas putri ke Thailand untuk mengikuti Turnamen Undangan Bola Voli Grand Prix ASEAN yang digelar pada 9-11 September. Dalam permainan bola voli, dipukul sehingga bola jatuh ke sisi lawan. Jika lawan gagal mengembalikan bola, tim mendapat poin.

Olahraga bola voli di atas naungan FIVB (Federation Internationale de Volleyball), badan pengelola bola voli internasional. Saat ini Indonesia di naungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Karena bola voli adalah organisasi internasional, peraturan khusus tentu saja berlaku untuk pertandingan.

Pemain bola voli harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan. Salah satunya mengenai pergantian pemain dalam permainan bola voli yang dapat terjadi setelah pertandingan atau pada saat timeout. Sportsrec melaporkan bahwa setiap tim membutuhkan enam pemainnya untuk memulai permainan. Setiap pemain harus memutar dalam urutan yang benar untuk setiap set.

Menurut aturan FIVB, setiap tim hanya boleh melakukan enam pergantian pemain per set, namun pemain di posisi libero memiliki aturan berbeda. Oleh karena itu, jika pergantian pemain mempengaruhi posisi libero, maka tidak dihitung. Hal ini memungkinkan pemain dengan posisi libero untuk masuk dan keluar permainan tanpa batas. Namun, hanya pemain di barisan belakang yang bisa diganti.

Sumber : Liputan 6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan Birdie Team?
Hello 😃
Selamat Datang di website http://birdie.id/2024/01/17/berikut-peraturan-dan-cara-pergantian-pemain-dalam-pertandingan-bola-voli
Jika kamu membutuhkan penawaran corporate atau bantuan lainnya, Silahkan chat kami ya..