Jadwal Imsak Ramadhan 2023 (1444 H) Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Jadwal Imsak Ramadhan 2023 di wilayah jakarta dan sekitarnya. Marhaban ya Ramadhan, bulan penuh suci yang selalu dinantikan untuk umat Islam telah hadir. Tentu saja sebagai umat Muslim kita sangat merindukan bulan Ramadhan di setiap tahunnya, karena seperti yang kita tahu banyak berbagai macam keutamaan di dalamnya seperti pahala yang akan dilipatgandakan, diampuni segala dosa, serta waktu turunnya rahmat dan keberkahan dari Allah Subanahu Wataala.

Selain itu, di bulan Ramadhan juga terdapat satu malam yang jika mampu mendapatkannya, maka kita akan mendapatkan pahala seperti seribu bulan, yaitu pada Malam Lailatul Qodar.

Kemudian, dalam rangka menyambut hadirnya bulan Ramadhan 2023 (1444 H) ini, bagi Anda yang berada di Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya sudah menjadi hal yang harus untuk memiliki Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2023 (144 H) ini, agar Anda mengetahui secara pasti kapan waktu yang tepat untuk menyelesaikan santapan sahur dan kapan waktu yang tepat untuk Anda berbuka puasa.

Imsak merupakan waktu dimana dianggap sebagai salah satu penanda bahwa waktu puasa sudah dimulai. Imsak sendiri hanya ada di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, Imsak digunakan sebagai pengingat bahwa waktu sahur telah berakhir. Jika mengutip dari hadist-hadist ataupun ajaran Islam lainnya, maka sesungguhnya masih ada banyak orang yang salah dalam memahami imsak. Karena, Imsak dianggap sebagai penanda dimulainya waktu puasa.

Sementara itu, kita juga perlu mengetahui bahwasannya imsak berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah Amsaka Yumsiku Imsak yang sebagai arti yaitu “menahan”. Namun, di luar negeri, waktu imsak dan adzan subuh adalah sama. Karena dengan lantunan adzan yang saat itu sudah dikumandangkan, artinya pada saat itu juga umat Islam sudah harus menahan diri dari makan dan minum atau saat waktu sahur.

Tetapi, berbeda dengan di Indonesia waktu Imsak atau Imsakiyah dibuat waktu 10 menit sebelum adzan berkumandang. Jadi Anda tidak usah bingung lagi, jika di masjid-masjid sudah terdengar suara imsak, Anda masih boleh melanjutkan makan dan minum atau sahur hingga sampai adzan subuh berkumandang.

Pada waktu yang sudah diberikan selama 10 menit ini dibuat sebagai bentuk peringatan atau kehati-hatian kepada Anda. Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2023 ini adalah jadwal yang menerangkan mengenai batas-batas waktu puasa dimana umat Islam yang berpuasa harus mulai menahan diri dari hal-hal yang akan membatalkan puasanya pada bulan Ramadhan di tahun 2023 ini.

Kemudian, dengan adanya jadwal Imsakiyah 2023 ini diharapkan kita sebagai orang yang akan berpuasa ini jadi mengetahui secara pasti kapan waktu yang tepat untuk sholat wajib, waktu saat sahur, dan juga mengetahui waktu saat ingin berbuka puasa.

Sementara, di Indonesia terdapat pihak yang memiliki kewenangan dalam menetapkan jadwal Imsakiyah seperti Kemenag, MUI, Muhammadiyah dan lain-lain. Sehingga, dalam rangka menyambut bulan Ramadhan tahun 2023 yang penuh berkah ini Anda akan mengetahui kapan waktu yang tepat ketika ingin melaksanakannya.

Sumber : rukim.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan Birdie Team?
Hello 😃
Selamat Datang di website http://birdie.id/2023/03/17/jadwal-imsak-ramadhan-2023-1444-h-wilayah-jakarta-dan-sekitarnya
Jika kamu membutuhkan penawaran corporate atau bantuan lainnya, Silahkan chat kami ya..