0

Meskipun sejumlah negara sudah melonggarkan pembatasan aktivitas dan membolehkan warganya melakukan kunjungan wisata ke luar negeri, namun angka kunjungan wisatawan asing ke Bali masih belum juga pulih.

Sejak Oktober 2021, pemerintah telah membuka dua pintu gerbang utama wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia, yakni Bali dan Kepulauan Riau, namun ternyata angka kunjungan masih sangat minim.

Pemerintah mencatat masih banyak kendala yang menyebabkan turis asing merasa kurang nyaman dalam bepergian, diantaranya karantina, lalu keterbatasan penerbangan langsung, dan kepastian basis residensi atau kewarganegaraan.

Di satu pihak, sebenarnya perkembangan kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah cukup menggembirakan, ditandai dengan menurunnya kasus positif Covid 19.

Di tengah kondisi yang demikian, ada sejumlah kreatifitas untuk menumbuhkan industri pariwisata di pulau dewata, meskipun masih banyak mengandalkan turis lokal.

Diantaranya adalah kompetisi golf virtual yang digelar di Bali pada 27-28 November 2021 kemarin dengan tajuk Xpora Virtual Golf Tour 2021.

Disebut sebagai kompetisi golf digital terbesar di Indonesia di masa pandemi, acara yang didukung PT Bank Negara Indonesia Tbk tersebut digelar dengan tingkat pengamanan maksimal.

Dalam pernyataan tertulis Senin, 29 November 2021, setiap peserta dapat bertanding dari tempat yang terpisah dan pelaksanaannya menegakan protocol kesehatan ketat.

Corporate Secretary BNI Mucharom mengatakan terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kompetisi Xpora Virtual Golf Tour, diantaranya meningkatkan kembali gairah Sport Tourism, terutama di Bali, yang merupakan destinasi wisata utama Indonesia yang masih terpuruk akibat Pandemi.

Gairah sport tourism ini diharapkan dapat memberi multiplier effect guna mendongkrak kembali perekonomian.

Mucharom juga mengatakan diharapkan dapat ada distribusi kesejahteraan melalui kegiatan amal (charity) dalam acara golf tersebut.

Selain itu, acara ini diharapkan dapat menjadi ajang penggalian bakat para pegolf muda nasional.

Penyelenggaraan Xpora Virtual Golf Tour diikuti oleh sekitar 1.000 pegolf, dan menjadi salah satu kompetisi virtual golf terbesar di Indonesia.

Kompetisi ini telah memasuki babak final di Bali pada 27 – 28 November 2021 dan diikuti oleh 104 pegolf terpilih.

“Dengan menghadirkan pegolf sebanyak itu ke Bali, kami berharap akan membantu Bali kembali pulih, hotel terisi kembali, travel/transportasi wisata kembali hidup, dan UKM  lokal kembali beraktivitas. Intinya, dengan Xpora Virtual Golf 2021 ini kami proaktif mengembangkan ekosistem pariwisata. Di samping itu, pegolf yang akan memenangkan kompetisi ini merupakan pegolf muda berprestasi. Kami juga berharap muncul pegolf Wanita terbaik di ajang ini,” kata Mucharom.

BNI, kata Mucharom, akan terus mendukung kompetisi sejenis di 6 kota lain.

Langkah ini diharapkan akan mengangkat sport tourism di kota tersebut, selain untuk dapat mengajak pelaku UKM agar bertemu dengan pebisnis asing dalam business matching.

 

sumber : beritasubang.com / Muhamad Al Azhari

Leave a Reply

Open chat
Butuh bantuan Birdie Team?
Hello 😃
Ada yang bisa kami bantu?