0

Berjalan kaki, terutama pada pagi hari, terbukti baik bagi kesehatan. Begitu pula golf. Hasil sebuah penelitian menunjukkan manfaat menakjubkan dari olahraga ‘mahal’ ini.

Mereka yang rutin bermain golf, menurut hasil penelitian yang dimuat di The British Journal of Sports Medicine, bakal terhindar dari 40 penyakit kronis, antara lain diabetes dan kanker payudara atau usus.

Melansir Telegraph, tim peneliti dari University of Edinburgh menguji lebih dari lima ribu studi tentang golf serta kaitannya dengan manfaat, baik secara fisik maupun mental untuk segala usia.

Salah satu hasil pengujian tersebut adalah bermain golf ternyata mampu meningkatkan harapan hidup alias memperpanjang umur hingga lima tahun.

Golf dinilai baik dilakukan bagi mereka yang sudah berumur lantaran membantu meningkatkan keseimbangan serta daya tahan otot. Kemampuan ini berimbas pada meningkatnya kesehatan sistem kardiovaskular, pernapasan dan metabolisme tubuh.

Olahraga yang melambungkan nama Tiger Woods ini juga dapat membantu penderita penyakit kronis, macam jantung, diabetes, kanker usus dan payudara, dalam mengurangi risiko kecemasan, depresi dan demensia.

“Bukti menunjukkan para pemain golf hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tidak bermain golf, menikmati perbaikan taraf kolesterol, proporsi tubuh, kesehatan, dan kepuasan diri,” kata peneliti utama, Andrew Murray.

“Mengingat olahraga ini dapat dimainkan oleh anak muda hingga tua, ini menunjukkan berbagai manfaat kesehatan bagi berbagai usia,” kata Murray. “Sebuah studi di Swedia menemukan pegolf reguler hidup lebih lama lima tahun dibandingkan bukan pegolf,”

Murray menambahkan, hanya ada 55 juta orang di dunia ini yang memainkan golf dan angka ini patut untuk ditambah. Menurut Murray, golf dapat dimainkan mulai dari empat tahun hingga 104 dan makin banyak golf dalam ukuran lebih kecil.

“Harus dilepas dari sudut pandang golf adalah olahraga orang kaya,” kata Murray. Ia beralasan, “Sebanyak 78 persen tempat bermain golf di dunia tersedia bagi publik, bukan hanya untuk anggotanya.”

sumber : cnn Indonesia

Leave a Reply

Open chat
Butuh bantuan Birdie Team?
Hello 😃
Ada yang bisa kami bantu?