0

Golf menjadi salah satu olahraga mewah yang umumnya digandrungi kalangan atas dan lelaki. Namun belakangan ini tak sedikit perempuan yang ikut mencicipi serunya bermain golf, termasuk deretan para selebritis.

Diketahui, beberapa selebriti Tanah Air tengah tertarik dengan olahraga yang menggunakan stik ini antara lain Luna Maya, Ayu Dewi, chef Farah Quinn, Gading Marten, hingga pasangan Nia Rahmadani dan Ardi Bakrie sebelum keduanya terciduk kasus narkoba.

Golf adalah olahraga luar ruangan yang dilakukan dengan cara memasukkan bola golf ke dalam lubang yang sudah tersedia di lapangan. Ada dua jenis alat utama yang digunakan pada olahraga golf yaitu bola dan pemukul atau stick golf. Umumnya, lapangan yang digunakan pada permainan golf memiliki ukuran yang sangat luas dengan desain unik. Biasanya, lubang pada lapangan golf terdiri dari 9 sampai 18 lubang.

Pemenang dari permainan golf akan ditentukan oleh pemain yang berhasil memasukkan bola ke lubang dengan pukulan yang paling sedikit. Salah satu alasan yang membuat golf mendapat julukan olahraga mahal adalah biaya yang dikeluarkan untuk bisa bermain golf tergolong cukup tinggi. Selain itu, golf biasanya hanya ada di kota-kota besar saja.

Sejarah Olahraga Golf di Indonesia

Klub golf pertama di Indonesia bernama Batavia Golf Club pada 1872. Pendirinya A. Gray dan T.C Wilson. Jumlah anggotanya 16 orang. Lokasinya di kawasan Gambir, Jakarta. Dulu bernama Koningsplein.

Batavia Golf Club pernah vakum selama 20 tahun. Alasannya tidak adanya lagi pertandingan-pertandingan golf. Pada 1894, Batavia Golf Club menggelar rapat untuk menghidupkan kembali klub golf tersebut. Akhirnya, pada 28 Agustus 1932 menjadi tanggal resmi berdirinya perkumpulan Batavia Golf Club ini.

Namun di masa pendudukan Jepang, nama Batavia Golf Club diganti Djakarta Golf Club. Seiring berjalannya waktu, klub golf Indonesia ini pun sudah tidak lagi didominasi oleh warga negara Eropa. Banyak warga Indonesia yang telah tergabung di dalamnya.

Permainan Golf

Dalam olaharaga golf terdapat hole yang diklasifikasikan berdasarkan par. Par adalah jumlah pukulan yang diharapkan dapat dipenuhi pegolf yang bermain aman di setiap hole. Dalam golf suatu hole bisa digolongkan ke dalam par 3, par 4, atau par 5. Par pada suatu hole biasanya ditentukan berdasarkan jarak dari teeing ground ke green.

Jarak teeing ground ke green pada suatu hole ber-par 3 adalah antara 100 sampai 250 yard (91-244 meter). Hole ber-par 4 adalah 251-475 yard (225-434 meter), sementara hole ber-par 5 lebih dari 476 yard (435 meter) walaupun ada juga hole par 5 yang sejauh 600 yard (548 meter).

Pada sebagian besar padang golf 18 lubang, total pukulan adalah 72 kali yang terdiri dari 4 lubang ber-par 3, 10 lubang ber-par 4, dan 4 lubang ber-par 5. Diameter yang ada pada bola golf minimum adalah 42,67 mm dan harus bermassa lebih dari 45,93 gram. Ada 3 jenis bola golf.

Tipe Pukulan Golf

1. Tee shot

Merupakan pukulan pertama dari teeing ground, yang biasanya dilakukan dengan menggunakan driver (misalnya 1-wood) untuk hole yang panjang atau iron pada hole yang lebih pendek.

2. Fairway shot

Stik golf jenis iron atau wedge biasa digunakan untuk melakukan pukulan ini.

3. Bunker shot

Pukulan yang dilakukan jika bola mendarat di atas bunker. Pukulan ini biasanya menggunakan sand wedge.

4. Punch atau knockdown

Pukulan rendah yang dilakukan untuk menghindari cabang pohon atau angin yang kuat di atas.

5. Putting

Merupakan pukulan yang dilakukan di atas green dan menggunakan putter dan bagi sebagian besar pegolf merupakan pukulan tersulit.

6. Approach shot

Pukulan yang dilakukan untuk mendekatkan bola ke green. Pukulan ini biasanya dilakukan pada jarak yang sedang atau dekat. Tipe approach shot terdiri dari 3 jenis:

7. Pitch

Approach shot yang menerbangkan bola ke atas green atau dekat green. Pitch shot biasa dilakukan dengan menggunakan iron 6 hingga lob wedge.

8. Flop

Merupakan approach shot yang lebih tinggi lagi dan langsung berhenti sesaat setelah menghantam tanah. Pukulan ini dilakukan ketika pemain harus menghadapi rintangan untuk mencapai green. Flop biasa dilakukan dengan menggunakan stik golf sand wedge atau lob wedge.

9. Chip

Approach shot yang rendah ketika bola terbang rendah dan kemudian bergulir mengarah ke green.

Jenis Stik Golf

Terdapat tiga tipe stik golf (club) yaitu wood, iron, dan putter. Wedge adalah iron yang digunakan untuk memukul pada jarak yang pendek. Wood digunakan untuk memukul jarak yang sangat jauh. Sedangkan iron pada jarak menengah. Putter hampir selalu digunakan untuk melakukan pukulan di atas green.

Manfaat Bermain Golf

1. Suasana outdoor

Suasana yang monoton, dingin, dan terkungkung di dalam ruangan kerja sering kali membuat jenuh dan stres. Golf yang dilakukan di lapangan luas, dikelilingi pohon dan rumput hijau, membuat seseorang akan terpapar dengan suasana luar ruangan. Tubuh dan pikiran akan lebih tenang, udara yang Anda hirup segar dan sangat minim kontaminasi polusi.

2. Memperkuat kandung kemih

Bermain golf secara rutin akan membantu memperkuat kandungan kemih, karena ketika bermain golf, pemain akan berada di tengah lapangan luas, sehingga secara tidak langsung membuat pemainnya tidak bisa leluasa ke toilet terlalu sering.

3. Membakar kalori

Biasanya, mobil golf digunakan pemain untuk mengantar pemain ke tempat bola atau lubang selanjutnya. Namun, ketika lebih memilih berjalan kaki sambil membawa peralatan golf, maka pemain dapat membakar hingga 1.000 kalori tiap main golf.

4. Menjaga kesehatan jantung

Sekilas orang beranggapan jika olahraga golf tidak tampak melelahkan seperti olahraga tipe aerobik. Namun, bermain golf juga dapat memicu kerja jantung, karena akan meningkatkan denyut jantung dan melatihnya untuk bekerja lebih keras memompa darah, sehingga risiko terjadinya penyakit jantung bisa diturunkan jika dilakukan secara rutin.

5. Baik untuk kesehatan otak

Selain itu, bermain golf rupanya juga dapat melatih otak untuk berpikir, mengatur strategi, serta koordinasi antara mata dan otot-otot tangan. Semuanya itu melatih kerja otak untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit otak yang bersifat degeneratif.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Bermain golf dapat meningkatkan kualitas tidur karena pembakaran yang disebabkan oleh peningkatan kerja otot saat membuat tubuh terasa lelah setelah selesai bermain. Hal ini akan meningkatkan kualitas tidur pada malam hari.

7. Panjang umur

Menurut penelitian yang dilakukan oleh The British Journal of Sports Medicine, bahwa mereka yang rutin bermain golf bakal terhindar dari 40 penyakit kronis, antara lain diabetes dan kanker payudara atau usus. Selain itu, bukti menunjukkan bahwa para pemain golf hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak bermain golf, menikmati perbaikan taraf kolesterol, proporsi tubuh, kesehatan, dan kepuasan diri.

8. Mengatasi stres

Golf juga bisa menjadi penenang yang cukup ampuh. Bermain golf dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan meminimalisir stres. Golf biasa dimainkan di tempat terbuka dengan pemandangan alam yang indah.

 

sumber : ngopibareng.id

Leave a Reply

Open chat
Butuh bantuan Birdie Team?
Hello 😃
Ada yang bisa kami bantu?