0

Olahraga golf terbilang lebih santai jika dibandingkan jenis olahraga lainnya. Pemain golf hanya perlu berjalan santai di lapangan golf tanpa berpeluh keringat. Meski demikian, olahraga berskala moderat ini tetap menyehatkan tubuh.

Temuan studi terbaru menunjukkan, orang berusia tua yang bermain golf secara teratur bisa mendapat manfaat kesehatan, bahkan menurunkan risiko kematian.

Temuan itu dipresentasikan di American Stroke Association’s International Stroke Conference di Los Angeles, AS.

Dalam temuan tersebut, para peneliti menemukan bermain golf sekitar satu bulan sekali dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah.

Namun, peneliti tidak membedakan apakah risiko kematian yang lebih rendah terlihat pada pemain golf yang berjalan di lapangan atau mereka yang menggunakan golf cart ketika bermain.

Kelompok peserta yang bermain golf memiliki tingkat kematian yang jauh lebih rendah (15,1 persen) dibandingkan kelompok yang tidak bermain golf (24,6 persen). “Peneliti menemukan sesuatu yang unik.

Berjalan di lapangan golf adalah aktivitas aerobik yang bagus dan menambah manfaat yang diperoleh dari aktivitas aerobik teratur.”

Demikian kata Dr Guy L Mintz, direktur kesehatan dan lipidologi kardiovaskular di Sandra Atlas Bass Heart Hospital, New York.

Baik Mintz dan penulis studi meyakini, faktor sosial dari bermain golf, seperti berjalan dengan teman, berbicara, dan bersantai, bisa bermanfaat bagi orang tua yang kesulitan melakukan rutinitas olahraga yang lebih berat.

“Ada data yang konsisten tentang manfaat olahraga intensitas sedang,” sebut Dr Adnan Qureshi, penulis studi dan direktur eksekutif Zeenat Qureshi Stroke Institutes.

Golf sebagai aktivitas fisik

Golf tidak dimasukkan ke dalam daftar aktivitas fisik yang direkomendasikan Department of Health and Human Services Physical Activity Guidelines Amerika.

Namun Qureshi berharap, penelitian yang dijalankan dia bersama timnya dapat memberi perubahan. “Meskipun berjalan dan jogging dengan intensitas rendah mungkin sebanding dengan olahraga, keduanya kurang memiliki keseruan dalam kompetisi golf,” kata Qureshi.

“Olahraga teratur, paparan lingkungan yang tidak terlalu berpolusi, dan interaksi sosial dari bermain golf semuanya positif untuk kesehatan.”

Manfaat bermain golf

Sebuah temuan di tahun 2016 yang dimuat ke dalam British Journal of Sports Medicine menyimpulkan, dokter maupun para ahli perlu mendorong lebih banyak orang untuk bermain golf.

Sebab, golf memiliki kaitan dengan peningkatan kesehatan fisik dan kesejahteraan mental, dan berkontribusi terhadap peningkatan harapan hidup. T

emuan lain yang dipublikasikan dua tahun kemudian menemukan bahwa golf dikaitkan dengan peningkatan harapan hidup, perbaikan faktor risiko kardiovaskular, dan kesejahteraan mental.

“Makan makanan yang lebih baik, faktor risiko kardiovaskular yang lebih rendah, sosialisasi yang lebih baik, lebih banyak berjalan kaki adalah mekanisme yang menunjukkan mengapa golf sangat bermanfaat,” kata Mintz.

“Golf jelas merupakan cara untuk melakukan perbaikan dalam permainan kehidupan.”

 

sumber : Kompas.com

Leave a Reply

Open chat
Butuh bantuan Birdie Team?
Hello 😃
Ada yang bisa kami bantu?