0

Istilah handicaps sering kita dengar dalam permainan golf. Sebenarnya apa arti dari istilah ini? Secara terjemahan, maka berarti ‘kelainan upaya’ atau ‘kecacatan’. Tentu saja makna ini tak sesuai dengan istilah yang digunakan di dalam permainan golf.

Dalam permainan golf, istilah handicap merupakan suatu ukuran numerik (angka) yang dipakai untuk mengukur kemampuan permainan pegolf amatir dengan cara menghitung nett score dari jumlah pukulan (strokes). Karena diperuntukkan bagi pegolf amatir, sistem perhitungan ini tidak digunakan dalam turnamen golf profesional.

Menilai Tingkat Kemahiran Pemain

Dengan menggunakan sistem perhitungan ini, pemain bisa mengetahui tingkat kemahirannya dan mengikuti kompetisi yang sesuai dengan kemampuannya tersebut. Sebagai contoh, pemain dengan handicap yang besar, maka semakin kecil kemungkinannya untuk bermain bersama pemain lain dengan handicap yang lebih rendah. Tapi, pemain tersebut memiliki kemungkinan untuk bermain bersama dengan pegolf yang lebih ahli.

Sistem perhitungan ini bisa berbeda antara satu negara dengan negara lain. Hal ini dikarenakan tidak ada aturan yang pasti sehingga masing-masing klub golf maupun asosiasi golf setempat memiliki aturan yang berbeda. Lalu bagaimana caranya menghitung handicap?

Cara Menghitung Handicap

Nilai suatu handicaps pemain dihitung berdasarkan tingkat kesulitan lapangan golf serta rata-rata dari sepuluh skor terbaik pemain tersebut atau rata-rata skor tiga putaran pemain. Sebagai contoh, jika seorang pemain telah menyelesaikan 18 holes dalam 80, 86 dan 95 pukulan, maka perhitungan skor rata-ratanya menjadi 80 + 86 + 95 = 261/3 = 87.

Kemudian nilai rata-rata tersebut dikurangi dengan nilai standar ketentuan penyelesaian 18 holes (The Standard Scratch Score). Apabila The Standard Scratch Score (SSS) adalah 70, maka pemain tersebut menerima handicap awal 17 (87 – 70 = 17).

Untuk pegolf pria, nilai handicap maksimal yang diperbolehkan adalah 28. Sedangkan untuk pegolf wanita, nilai handicap maksimal yang diperbolehkan adalah 36. Semakin baik kemampuan seorang golfer, maka semakin rendah angka handicapnya.

Dalam permainan golf yang dimainkan oleh dua pegolf dengan handicap yang berbeda, maka handicap menjadi landasan perhitungan. Lapangan golf yang dipilih disesuaikan dengan kemampuan pemain atau nilai handicap tersebut. Apabila dalam permainan tersebut pegolf dengan handicap 10 melawan pegolf dengan handicap 2. Maka, pemenang ditentukan dengan cara mengurangi nilai akhir orang pertama dengan dua, sementara nilai orang kedua dikurangi dengan 10. Kemudian hasilnya dibandingkan.

Secara umum, handicaps terbagi dalam lima kategori yakni sebagai berikut :

  1. Kategori 1 : Handicap bernilai 5 atau kurang (0,1)
  2. Kategori 2 : Handicap bernilai 5,5 hingga 12,4 (0,2)
  3. Kategori 3 : handicap bernilai 12,5 hingga 20,4 (0,3)
  4. Kategori 4 : Handicap bernilai 20,5 hingga 28 (0,4)
  5. Kategori 5 : Handicap bernilai 28,1 hingga 36 (untuk pegolf wanita) (0,5)

Selain memakai jumlah pukulan (strokes) yang dilakukan pegolf dalam satu putaran permainan, handicap juga dipengaruhi oleh tingkat kesulitan lapangan golf yang dipakai pemain. Pemakaian tingkat kesulitan lapangan golf ditujukan agar penilaian kemampuan pegolf lebih akurat. Anda bisa meresmikan handicap golf melalui asosiasi golf seperti United Stated Golf Association (USGA) dengan membayar sejumlah tarif yang murah.

Handicaps bisa saja menurun atau meningkat sepanjang kompetisi. Jika seorang pemain melebihi handicap mereka, biasanya handicap mereka akan dipotong. Sebagai contoh, jika seorang pemain bermain lebih baik dua pukulan dari handicapnya, maka handicapnya akan dikurangi oleh 2x nilai handicap dalam kategori yang dia ikuti.

Deskripsi : Nilai handicaps sebanding dengan performa rata-rata skor pemain sepanjang permainan. Tujuan dari handicap ini adalah untuk membuat suatu level bermain dalam suatu grup pegolf.

 

Sumber : GoGolf

Leave a Reply

Open chat
Butuh bantuan Birdie Team?
Hello 😃
Ada yang bisa kami bantu?