0

1. Berumur lebih panjang

Umur seseorang adalah misteri, itu betul. Namun, ada penelitian menarik dari sekelompok peneliti dari Swedia. Ketika membandingkan orang yang rutin bermain golf dan tidak, mereka yang aktif 40% lebih panjang umur ketimbang yang tidak aktif. Subjek penelitian berada dalam rentang usia yang sama.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 ini mengambil database dari pemain golf di Swedia. Menariknya, Federasi Golf Swedia memiliki anggota sangat besar yaitu lebih dari 600.000 orang. Sebab di Swedia, orang yang akan bermain golf harus memiliki keanggotaan.

2. Membakar kalori

Olahraga apa yang menjadi favorit adalah pilihan pribadi. Bagi yang suka bermain golf, bermain 18 holes selama 4 jam rata-rata akan membakar 360 kalori per jam apabila membawa stik golf sendiri. Bahkan jika menggunakan pull-cart pun, kalori yang terbakar masih mirip.

Sementara apabila bermain golf dan berpindah lokasi mengendarai golf cart, kalori yang terbakar sekitar 200 per jamnya. Jadi, meskipun olahraga ini tidak berintensitas tinggi dan membuat banjir keringat, tetap ada kalori yang terbakar.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Data observasi dari Cardiovascular Health Study (CHS) menunjukkan bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung pada orang berusia 65 tahun ke atas lebih rendah apabila aktif bermain golf. Frekuensinya setidaknya 1 kali dalam sebulan.

Partisipan dalam studi ini rata-rata berusia 72 tahun. Di akhir periode penelitian pada tahun 1999, evaluasi terhadap kesehatan jantung menunjukkan perbedaan. Dari 5.900 individu, 384 bermain golf. Prevalensi yang mengalami stroke sekitar 8,1% dan serangan jantung sekitar 9,8%.

Namun, penelitian ini tidak menunjukkan dengan detail apakah partisipan bermain golf dengan berjalan kaki atau naik golf cart.

4. Wadah bersosialisasi

Ada hubungan erat antara bersosialisasi dengan kesehatan mental. Kabar baiknya, suasana yang tercipta saat main golf seperti berjalan kaki, berbicara, dan merasa rileks meski sedang berolahraga sangat cocok menjadi pilihan olahraga orang berusia lanjut.

Bukan hanya itu, main golf adalah alternatif bagi orang berusia lanjut yang mungkin kapasitas tubuhnya tidak lagi memungkinkan beraktivitas fisik dengan intensitas tinggi.

sumber : sehatq.com

Leave a Reply

Open chat
Butuh bantuan Birdie Team?
Hello 😃
Ada yang bisa kami bantu?